Mata Kucing Berair

Mata kucing berair merupakan salah satu penyakit kucing yang sering ditemui, baik pada anakan kucing maupun kucing dewasa. Pernahkah Anda melihat kucing mengalami mata berair? Kasihan, bukan?

Permasalahan ini tidak jauh berbeda dengan penyakit mata belekan, mata membengkak, ataupun mata memerah. Semuanya akan sangat menyiksa kucing, khususnya ketika digunakan untuk melihat.

Untuk itu, sebagai pemilik kucing, kita harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi mata kucing berair. Dengan begitu, kita menjadi tahu langkah apa yang harus dilakukan.

Penyebab Mata Kucing Berair

penyebab mata kucing berair

Ada beberapa hal yang menyebabkan mata kucing berair, mulai dari mata terkena debu, produksi mata yang berlebihan, hingga virus yang menyerang. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini:

Produksi Air Mata Berlebih

Bagi kucing yang masih kecil, biasanya perlu adaptasi dengan bulu-bulu yang dekat dengan mata. Adaptasi tersebut dilakukan dengan memproduksi air mata yang berlebih untuk menghindari kontaminasi bulu mata.

Ini adalah penyebab yang sangat wajar terjadi, khususnya pada anak kucing. Jadi, ketika kitten Anda masih sering memproduksi air mata berlebih, tidak perlu khawatir, ia akan baik-baik saja.

Mata Kucing Terluka

Seperti yang kita ketahui, kucing merupakan salah satu hewan yang sangat aktif. Ketika bermain, tidak menutup kemungkinan kucing mengalami kecelakaan yang mengakibatkan matanya terluka.

Luka mata seperti goresan biasanya akan menyebabkan mata kucing berair karena kucing merasa perih. Untuk mengatasi masalah tersebut, kucing akan mengeluarkan air mata untuk membersihkan luka.

Cacing Parasit di Mata

Cacing parasit adalah salah satu musuh besar bagi mata, termasuk mata kucing. Lebih lagi kalau ada bakteri lain yang ikut masuk, maka akan sangat berbahaya untuk kondisi mata kucing.

Jika Anda melihat tanda-tanda bersarangnya cacing parasit di mata kucing, segera lakukan tindakan dengan menghubungi dokter hewan. Ini adalah langkah terbaik untuk penanganan kucing dengan tepat.

Radang Paru pada Kucing

Penyakit radang paru pada kucing bisa menyebabkan munculnya air pada mata kucing. Tidak sebatasi itu, biasanya kucing juga akan mengalami penyakit lain seperti pilek, bersin-bersin, hingga sulit bernafas.

Penyebab dari radang paru pada kucing adalah virus Chlamydia Psitacii yang bisa menular pada kucing lain. Jadi, jika kucing Anda mengalami radang paru, segera pisahkan dengan kucing lainnya.

Nasolacrimal Occlusion

Dikutip dari situs Dokter Hewan, adanya penyumbatan sistem pengeringan air pada mata kucing bisa menyebabkan masalah ini muncul. Masalah ini akan menyebabkan mata kucing menjadi kering.

Nah, ketika tersumbat, cairan pelumas mata akan keluar secara tidak wajar sehingga bisa mengakibatkan cacat anatomi. Hal lain yang akan terjadi, mata si kucing seolah-olah mengeluarkan air mata berlebihan.

Terkena Virus Herpes

Herpes merupakan salah satu virus yang bisa menyebabkan mata kucing berair, memerah, bengkak, ataupun belekan. Ketika terkena virus herpes, kucing lebih memilih untuk menghindari cahaya berlebih.

Nah, itulah beberapa penyebab mata kucing berair. Kemungkinan, masih ada penyebab-penyebab lainnya. Jika ada yang lebih berkompeten di bidang ini, mungkin bisa menambahkannya di kolom komentar.

Cara Mengobati Mata Kucing Berair

cara mengobati mata kucing berair

Setelah mengetahui penyebab mata kucing berair, kita juga perlu mengetahui cara mengobati mata kucing berair agar si kucing tidak merasa terganggu. Berikut adalah beberapa caranya:

Membersihkan Air Mata

Jika kucing Anda masih kecil, mungkin akan cenderung lebih sering mengeluarkan air mata. Oleh karena itu, Anda harus selalu membersihkannya sebelum air mata tersebut mengendap dan menimbulkan belek.

Kalau saya pribadi, biasanya menggunakan air hangat dan kain halus untuk membersihkan mata anak kucing. Oh ya, lakukan dengan pelan dan perlahan agar kucing tidak merasa kesakitan.

Membersihkan Kotoran di Mata

Nah, ketika air mata yang mengendap sudah terlanjur menjadi belek, Anda juga harus membersihkannya dengan segera. Hal ini sangat penting karena ketika belek sudah terlalu banyak, kucing akan kesulitan ketika hendak membuka mata.

Masih menggunakan media yang sama dengan cara sebelumnya, Anda hanya perlu kain halus ataupun kapas lembut untuk membersihkannya. Air hangat bisa Anda gunakan ketika kotoran sudah mengeras.

Kotoran ini tidak sebatas belek saja ya, bisa saja nanah, air mata, dan jenis kotoran lainnya. Intinya, ketika Anda melihat kotoran yang mengendap di mata kucing, segera lakukan pembersihan pada kotoran tersebut.

Memberikan Obat Mata Kucing

Obat merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi mata kucing berair. Tapi ingat, jangan gunakan obat tetes manusia karena berbeda. Gunakan obat tetes mata khusus yang bisa ditemukan di pet shop.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk permasalahan mata lainnya, tidak sebatas mata kucing berair saja. Dengan begitu, penyakit mata pada kucing akan lebih cepat teratasi dan tidak menimbulkan penyakit tambah parah.

Membawa ke Dokter Hewan

Jika Anda sudah tidak mampu mengatasi mata kucing berair dan ingin kucing cepat sembuh, maka membawa kucing ke dokter hewan adalah pilihan yang tepat karena dokter tahu apa yang harus dilakukan.

Agar tidak terlalu lama dalam mencari dokter hewan, silahkan pilih dokter hewan terdekat saja. Anda bisa melakukan konsultasi dan meminta saran untuk kesembuhan mata si kucing.

Memisahkan Kandang Kucing

Karena ditakutkan menular pada kucing lainnya, ada baiknya Anda memisahkan terlebih dahulu kucing yang sedang mengalami mata berair. Ini adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan.

Memisahkan bukan berarti mengasingkan ya. Anda tetap harus memberikan perlakuan penuh kasih sayang. Tetap berikan makanan bernutrisi sembari membersihkan air di sekitar mata kucing.

Jauhkan Benda Berbahaya

Jika kucing Anda sudah sembuh dari mata berair, silahkan jauhkan benda-benda berbahaya dari si kucing. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan mata kucing terluka.

Oh ya, jangan lupa untuk memastikan kucing dalam keadaan sehat. Jangan biarkan kucing mengalami stres agar tidak mudah terjangkit berbagai penyakit. Kalau perlu, berikan vitamin untuk menjaga kesehatan mata kucing.

Demikianlah artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi mata kucing berair. Semoga kucing Anda segera sembuh dan bisa menggunakan indera penglihatannya seperti sediakala.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar