Kucing Tidak Mau Makan

Ketika kucing tidak mau makan, salah satu hal buruk yang bisa terjadi adalah kucing jatuh sakit. Sebagai pemilik kucing, sudah barang tentu kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan. Dengan begitu, kita tidak akan kebingungan dan tahu langkah apa yang harus diambil.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba merangkumkan artikel mengenai hal tersebut. Untuk Anda yang memiliki kucing dan sedang tidak mau makan, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

penyebab kucing tidak mau makan

Untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi pada kucing yang tidak mau makan, silahkan simak penyebabnya berikut ini:

Makanan Monoton

Layaknya manusia, kucing juga memiliki rasa bosan pada makanan. Jadi, ketika Anda memberikan makanan yang itu-itu saja, bisa saja si kucing akan merasa bosan dengan makanan tersebut.

Nafsu Makan

Ketika Anda sudah mencoba mengganti makanan, namun kucing masih belum mau makan juga, mungkin si kucing sedang tidak nafsu makan. Coba amati juga apakah kucing sedang sakit atau tidak.

Kucing Sakit

Nah, kucing yang sedang sakit memang cenderung susah makan, bahkan bisa juga tidak makan sama sekali. Hal ini tergolong kondisi wajar, jadi langkah yang harus diambil adalah mengobati penyakit pada kucing.

Sedang Birahi

Kalau kucing sedang birahi, kucing memang cenderung susah makan. Solusi paling bagus yakni segera mengawinkannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kucing stres dan semacamnya.

Merasa Bosan

Kucing termasuk salah satu hewan yang sangat aktif dan gemar bermain. Ketika Anda membiarkannya sendirian tanpa mainan apapun, kucing akan merasa bosan dan (bisa juga) tidak mau makan.

Mengalami Stres

Kucing stres bisa disebabkan oleh banyak hal, misal saja karena faktor lingkungan dan tekanan. Ketika kucing Anda berada di lingkungan baru, ia perlu beradaptasi dan mungkin akan mengalami stres beberapa saat.

Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca akan menuntut kucing untuk beradaptasi kembali. Biasanya, kucing lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur terus sehingga terlihat tidak mau makan.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

cara mengatasi kucing tidak mau makan

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, silahkan baca dan praktikkan cara mengatasi kucing tidak mau makan berikut ini:

Berikan Variasi Makanan

Ada banyak kombinasi yang bisa Anda pilih agar kucing tidak bosan dengan makanannya. Dengan memberikan beberapa varian makanan, itu akan membuat kucing tidak cepat bosan.

Di Pet Shop, Anda bisa menentukan sendiri kira-kira jenis makanan kucing seperti apa yang cocok. Kalau perlu bantuan, Anda bisa bertanya informasi mengenai makanan tersebut kepada penjaganya.

Setelah itu, Anda bisa memberikan makanan baru dengan mencampurkannya dengan makanan lama. Hal ini dilakukan agar kucing tidak mencret. Berdasarkan pengalaman pribadi, kucing akan mencret ketika diberikan makanan berbeda secara langsung.

Jadi, silahkan campurkan kedua makanan tersebut dan berikan pada kucing. Jika si kucing sudah mau makan semua makanan yang diberikan, Anda bisa mengurangi porsi makanan lama.

Dekatkan Makanan

Terkadang, kucing tidak mau makan hanya karena malas saja. Ketika kita mencoba mendekatkan makanan tersebut, si kucing tetap mau makan dengan lahap. Hmm, apakah Anda pernah mengalaminya juga?

Hal ini juga dimaksudkan untuk memancing nafsu si kucing. Dengan mendekatkan makanan ke kucing, hidungnya akan merespon bau tersebut sehingga si kucing tertarik untuk makan.

Oh ya, kalau bisa, gunakan makanan yang memiliki bau lezat seperti tuna, seafood, dan semacamnya. Bau ini akan lebih menggugah selera makan si kucing, termasuk kucing yang sedang kehilangan nafsu makannya.

Suapi Kucing

Langkah ini pernah saya lakukan pada kucing yang sedang sakit. Jadi, kucing yang sakit memang cenderung lemas, termasuk ketika hendak makan. Oleh karena itu, kita harus membantunya untuk makan dengan cara menyuapinya.

Untuk alatnya, Anda bisa menggunakan sendok kecil yang sekiranya bisa masuk ke mulut kucing. Namun, itu juga tergantung dari jenis makanannya juga. Kalau makanan kering, saya lebih sering menggunakan tangan secara langsung.

Misal jenis makanan seperti Bolt atau Felibite, Anda bisa memberikannya satu per satu. Caranya sangat mudah, ambil makanan lalu berikan atau suapi menggunakan tangan secara langsung.

Yang perlu diperhatikan dalam menyuapi kucing adalah jangan terlalu memaksa. Maksudnya, biarkan si kucing mulai menelan makanan dengan sendirinya sehingga lebih aman dan juga menghindari kucing tersedak.

Berikan Vitamin

Ketika kucing Anda terlihat tampak sehat namun tidak mau makan, boleh jadi kucing tersebut kekurangan vitamin. Untuk itu, Anda bisa memberikannya vitamin khusus untuk meningkatkan nafsu makan.

Agar lebih tepat dalam memilih vitamin, Anda bisa melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis. Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi yang harus dilakukan untuk mengatasi kucing tidak mau makan.

Ajak Kucing Bermain

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing merupakan salah satu hewan yang sangat aktif. Jadi, Anda juga harus mengajaknya bermain atau paling tidak memberinya mainan yang menuntutnya untuk aktif.

Ketika di sekitarnya tidak ada mainan sama sekali, bisa jadi kucing akan merasa bosan. Lebih dari itu, kucing juga akan bosan untuk makan. Hmm, pasti Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?

Oleh karena itu, ajak kucing bermain pada waktu tertentu, misal pada pagi dan sore hari. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memberinya mainan agar ia bisa bermain sendiri ketika tidak Anda ajak bermain.

Berikan Tempat Nyaman

Tempat yang nyaman juga sangat memengaruhi kucing. Ketika berada di tempat yang tidak nyaman, bukan tidak mungkin kucing akan merasa tertekan dan bisa mengakibatkan stres.

Ketika sudah stres, banyak hal yang bisa terjadi pada kucing, salah satunya kucing menjadi tidak mau makan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya untuk memberikan tempat yang nyaman.

Anda bisa menempatkan kucing pada ruangan khusus yang terhindar dari hewan lain yang dianggap pemangsa. Berikan juga peralatan lain yang dibutuhkan seperti litter box, tempat makan & minum, dan kebutuhan lainnya.

Bawa ke Dokter

Ketika sudah tidak ada cara lain yang diketahui, membawa kucing ke dokter adalah langkah paling tepat. Pasalnya, dokter akan lebih tahu apa yang musti dilakukan agar si kucing mau makan lagi.

Jadi, silahkan bawa kucing ke dokter hewan dan jelaskan keluhan yang beberapa hari terakhir terjadi pada kucing. Silahkan ikuti arahan yang diberikan oleh dokter untuk kebaikan si kucing.

Nah, demikianlah artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan. Jika ada yang memiliki penjelasan lebih lengkap, bisa dituliskan di kolom komentar agar cat lovers lain juga lebih tahu.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar