Kucing Susah Tidur

Meskipun sikapnya sangat aktif, kucing tetap memerlukan waktu istirahat untuk mengembalikan energi yang hilang. Tidur adalah salah satu proses alami yang sering dilakukan oleh kucing setiap harinya.

Namun, tak jarang kucing mengalami proses dimana ia menjadi susah tidur, khususnya pada malam hari. Dalam kondisi ini, mungkin sang pemilik akan merasa bingung dengan hal tersebut.

Sebagai pemilik kucing, ada baiknya untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kucing susah tidur. Terkhusus untuk Anda yang memiliki kucing yang sedang susah tidur, silahkan simak dan praktikkan cara berikut.

Penyebab Kucing Susah Tidur

penyebab kucing susah tidur

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kucing susah tidur, seperti misalnya: kucing kelaparan, merasa bosan pada siang hari, ataupun jarang bergerak. Selain 3 penyebab tersebut, bisa saja ada penyebab lainnya.

Berikut adalah rincian penjelasan mengenai penyebab di atas:

Kucing Merasa Kelaparan

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, perut yang kosong bisa membuat tidur kucing menjadi tidak nyenyak. Meskipun sebelumnya sudah tertidur, biasanya tetap akan terbangun di malam hari.

Oleh karena itu, tidak sedikit kucing yang berusaha membangunkan pemiliknya dengan maksud meminta jatah makan. Hal ini dilakukan untuk mengisi perutnya, karena itu akan memudahkannya untuk kembali tidur.

Bosan Saat Siang Hari

Pada umumnya, kucing menjadi sangat aktif ketika siang hari. Ia akan lebih sering bermain dan berlarian, termasuk ketika memang sengaja Anda ajak bermain, biasanya ia sangat antusias.

Nah, ketika pada siang hari si kucing bosan karena tidak diajak bermain ataupun hal lainnya, biasanya ia akan menjadikan waktu malam sebagai gantinya. Sehingga bukan tidur yang dilakukannya, melainkan bermain.

Kucing Jarang Bergerak

Masih berkaitan dengan poin #2, kucing yang bosan biasanya lebih memilih diam bermalas-malasan. Hal ini bisa disebabkan karena kucing tidak diajak bermain oleh pemiliknya, sehingga tidak memiliki aktivitas yang bisa dilakukan.

Jika kucing jarang bergerak di siang hari, biasanya ia juga akan susah tidur pada malam hari. Kemungkinan, si kucing tidak kehilangan banyak energinya sehingga masih bisa begadang sampai malam hari.

Cara Mengatasi Kucing Tidur Terus

Nah, setelah mengetahui penyebab kucing terus, mari kita ketahui bersama-sama cara mengatasi kucing tidur terus. Silahkan simak dan praktikkan cara ini, siapa tahu berhasil untuk kucing Anda.

Menjadwalkan Waktu Tidur

kucing susah tidur malam hari

Jadwal paling tepat untuk kucing tidur adalah pada malam hari, sama halnya dengan manusia. Jadi, kalau bisa, buat jadwal tidur yang sama dengan si kucing, karena hal tersebut terbilang bagus.

Di pagi hingga sore hari, biarkan kucing bermain sesukanya dengan memberikan mainan yang menuntut ia bergerak aktif. Kalau Anda sedang memiliki waktu senggang, ajak kucing bermain juga.

Nah, ketika sudah menjelang malam, silahkan masukkan kucing ke tempat dimana ia tidur (kalau ada). Kalau perlu, bereskan semua mainan yang masih berserakan agar si kucing tidak terpancing untuk kembali bermain.

Ketika di sekitar kucing sudah tidak ada mainan apapun, biasanya ia akan tiduran dengan sendirinya. Karena pada siang hari sudah capek dengan aktivitasnya, bukan tidak mungkin kucing akan terlelap dengan mudah.

Mengubah Jadwal Makan

cara mengatasi kucing susah tidur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing akan cenderung susah tidur dalam keadaan perut kosong. Agar kucing bisa tidur di malam hari, Anda bisa menyesuaikan jadwal makan dengan tepat.

Waktu umum yang biasa digunakan untuk memberi makan kucing adalah pagi, siang, dan sore. Nah, ketika kucing masih susah tidur di malam hari, Anda bisa menambahkan waktu pemberian makan sebelum kucing tidur.

Dengan mengatur jadwal sedemikian rupa, maka kucing tidak akan kelaparan ketika hendak tidur. Kalau perlu, bisa Anda tambahkan alat pemberi makanan otomatis dimana alat tersebut akan mengeluarkan makanan pada waktu tertentu.

Mengajak Kucing Bermain

kucing susah tidur malam

Bagi sebagian besar kucing, bermain adalah aktivitas yang sangat disukainya. Untuk itu, mengajak kucing bermain adalah sesuatu hal yang memang harus dilakukan setiap harinya.

Kalau Anda tidak memiliki banyak waktu luang, sore hari adalah waktu yang cukup efektif untuk mengajak kucing bermain. Pasalnya, setelah bermain si kucing akan merasa lelah sehingga lebih mudah untuk tidur.

Pada intinya, selain untuk membuat kucing merasa senang, bermain juga bisa dimaksudkan agar kucing lelah ketika malam hari. Dengan begitu, ia akan terhindar dari penyakit susah tidur.

Menyediakan Hiburan

kucing tidak tidur

Menyediakan hiburan berupa mainan adalah opsi yang cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang. Saat ini, ada banyak mainan yang bisa dipilih untuk menemani kucing bermain seharian.

Di Pet Shop ataupun toko online, Anda bisa membeli mainan yang sekiranya cocok dengan si kucing. Biasanya, kucing lebih suka dengan mainan berupa boneka yang bisa digigit dan dibawa berlarian.

Oh ya, agar kucing tidak merasa cepat bosan, Anda boleh memberikan beberapa varian mainan yang berbeda. Dengan begitu, kucing bisa memilih mana mainan yang benar-benar ia suka.

Memberikan Tempat Tidur

kucing tidak bisa tidur

Dengan memberikan tempat tidur khusus, bukan tidak mungkin kucing akan lebih mudah mengenali dimana ia harus tidur. Hal ini bisa disebut sebagai perlakuan khusus kepada kucing.

Pasalnya, kucing memang bisa tidur dimana saja, termasuk di tempat tidur Anda ataupun tempat yang dirasa nyaman lainnya. Namun, dengan memberikan ia tempat tidur khusus, boleh jadi si kucing akan lebih senang.

Sebenarnya, memberikan tempat tidur sifatnya opsional saja, tidak harus. Yang terpenting, Anda harus memastikan tempat tidur yang digunakan benar-benar nyaman bagi si kucing.

Nah, kira-kira seperti itulah cara mengatasi kucing yang susah tidur. Jika ada opini ataupun pengalaman lain terkait hal ini, silahkan tuliskan di kolom komentar agar pecinta kucing lainnya tahu pengalaman Anda.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar