Kucing Mengeong Terus

Mengeong adalah suara khas yang sering muncul dari mulut kucing, baik kucing jantan maupun betina. Suara tersebut keluar bukan tanpa alasan, ada maksud dari meongan sehingga kucing mengeluarkan suara tersebut.

Terkadang, ada orang yang merasa terganggu dengan suara meongan kucing, terlebih ketika kucing mengeong terus-menerus. Sebagai pemilik, sebisa mungkin kita harus segera melakukan tindakan agar kucing berhenti mengeong.

Untuk itu, ada baiknya kita mempelajari alasan kucing mengeong terus. Sebagai referensi dasar, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel tentang hal tersebut. Mari belajar bersama, Onty & Ongkel.

Kucing Kelaparan

kucing mengeong keras

Kondisi wajar yang selalu dialami sebagian besar kucing ketika kelaparan adalah mengeong. Tidak sebatas kucing peliharaan saja, kucing liar juga akan mengeong ketika merasa lapar.

Untuk kucing peliharaan, biasanya akan mengeong sembari mengikuti pemiliknya kemanapun ia pergi. Jika begitu, silahkan berikan makanan agar kucing berhenti mengeong dan tidak merasa lapar lagi.

Namun, terkadang kucing masih mengeong walaupun sudah diberikan makanan dan menghabiskannya. Entah karena memang masih lapar atau kenapa, yang jelas kalau dikasih makan lagi pasti akan berhenti mengeong. 😀

Merasa Terancam

kucing meong terus

Ancaman kucing bisa datang dari manusia ataupun hewan, yang sering terjadi sih ancaman dari sesama kucing. Pernah lihat kucing jantan berkelahi ketika bertemu kucing jantan lainnya? Nah, itu juga bisa dikatakan ancaman kucing.

Meongan kucing jantan yang berkelahi memang sangat keras, tak heran jika banyak orang yang merasa terganggu. Bahkan, tak jarang ada yang tega menyiram kucing tersebut agar menghentikan perkelahiannya.

Nah, sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda memisahkan kucing yang sedang berkelahi. Jika kucing tersebut adalah kucing peliharaan Anda, segera masukkan ke kandang agar kucing lebih tenang.

Sedang Birahi

anak kucing mengeong terus

Ketika kucing sedang birahi, mengeong juga menjadi salah satu hal yang sering dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk menarik lawan jenis, khususnya untuk kucing jantan, biasanya ia akan mengeong sangat keras.

Ciri-ciri tersebut bisa diperkuat dengan mengetahui ciri lainnya, silahkan baca ciri-ciri kucing sedang birahi. Jika memang demikian, ada baiknya segera mengawinkan kucing dengan kucing lain sesuai keinginan Anda.

Dalam mengawinkan kucing, mungkin Anda akan menemukan beberapa kesulitan sehingga kucing sulit dikawinkan. Untuk itu, ada baiknya Anda membaca artikel mengenai cara mengawinkan kucing terlebih dahulu.

Ingin Keluar Rumah

kucing terus mengeong

Kucing merupakan hewan yang cukup aktif dan lebih banyak beraktivitas. Untuk itu, tak heran jika kucing mengeong terus-menerus ketika ditempatkan dalam kandang ataupun dikurung dalam rumah.

Hal ini sering terjadi pada kucing liar yang diadopsi untuk dirawat dalam rumah. Meskipun sudah jinak dengan pemiliknya, kebiasaan untuk keluar akan tetap ada sehingga cenderung tidak betah di rumah.

Oh ya, Anda juga tidak boleh memaksakannya untuk tetap berada dalam rumah. Biarkan ia keluar untuk bermain seperti biasanya, karena jika Anda paksa untuk tetap dalam rumah, ditakutkan kucing menjadi stres.

Mencari Anaknya

penyebab kucing mengeong terus

Setelah melahirkan, kebiasaan kucing akan terlihat berbeda dengan kondisi biasanya. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengurus anaknya seperti membersihkan tubuhnya, mengajak bermain, dan sebagainya.

Nah, ketika salah satu anak kucing tidak terlihat, induk kucing biasanya akan mencarinya sembari mengeong. Hal ini (mungkin) disebabkan karena sang induk merasa khawatir dengan keadaan anaknya.

Untuk itu, bagi Anda yang mempuyai niat mengadopsi kitten, usahakan memilih kucing yang sudah disapih induknya. Dengan begitu, induk kucing tidak merasa khawatir dan tidak mengeong terus-menerus.

Kucing Kesakitan

kucing jantan mengeong terus

Salah satu cara kucing mengekspresikan rasa sakit adalah dengan mengeong. Biasanya, kucing akan mengeong (karena kesakitan) setelah selesai berkelahi dengan bekas luka di tubuhnya.

Namun, walaupun mengeong dengan keras, kucing yang sakit karena berkelahi akan segera mengambil tindakan untuk penyembuhan, yaitu dengan menjilati tubuhnya. Dengan begitu, rasa sakit kucing akan semakin berkurang.

Terlepas mengeong karena rasa sakit akibat berkelahi, bisa juga kucing mengeong karena mengalami sakit yang berlebih. Jika Anda mendapati ciri-ciri kucing sedang sakit, ada baiknya untuk segera memeriksakannya.

Adaptasi Lingkungan

kucing betina mengeong terus

Kucing yang baru pertama kali berada pada suatu lingkungan, tidak mungkin langsung akrab dengan lingkungan tersebut. Perlu adanya adaptasi lingkungan agar kucing merasa nyaman.

Jadi, ketika Anda baru saja membawa kucing ke rumah, tidak perlu khawatir kalau kucing mengeong terus-menerus. Hal tersebut merupakan kondisi wajar karena kucing merasa berada di lingkungan asing.

Agar kucing bisa beradaptasi dengan cepat, Anda hanya perlu memperlakukan kucing dengan baik. Buat kucing merasa nyaman dengan memberikan tempat yang layak, makanan yang cukup, ataupun kasih sayang yang berlebih.

Kucing Merasa Bosan

tanda kucing mengeong terus

Sedikit berkaitan dengan poin #4, kucing juga akan merasa bosan ketika terlalu lama di dalam rumah. Tak jarang, kucing akan mengeong dengan keras sembari mencari jalan untuk keluar rumah.

Untuk mengantisipasi agar kucing tidak bosan, Anda bisa mengajaknya bermain di dalam rumah atau sesekali jalan-jalan di sekitaran rumah Anda. Dengan begitu, si kucing akan lebih ceria dan tidak cepat bosan.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa memberikan teman pada kucing tersebut. Dengan adanya teman baru, si kucing boleh jadi akan merasa senang karena mendapatkan teman bermain yang baru.

Nah, itulah beberapa penyebab kucing mengeong terus-menerus. Dengan mengetahui penyebab tersebut, setidaknya Anda jadi tahu apa langkah yang harus dilakukan ketika kucing Anda mengeong.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar