Harga Pasir Kucing

Di Pet Shop, tersedia berbagai jenis pasir kucing yang bisa Anda pilih, mulai dari pasir kucing murah sampai pasir kucing yang mahal. Tentu, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain memperhatikan kenyamanan untuk si kucing, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan untuk Anda sendiri, khususnya ketika membersihkannya. Pastikan Anda tidak kesulitan ketika membersihkan kotoran kucing tersebut.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis pasir kucing terlebih dahulu agar bisa memilih pasir yang tepat. Berikut adalah artikel mengenai jenis pasir kucing beserta harganya, silahkan dibaca.

Pasir Kucing Zeolit

harga pasir kucing di petshop

Pasir zeolit merupakan jenis pasir kucing yang banyak dipilih cat lovers, termasuk saya. Bukan tanpa alasan, pasir ini termasuk pasir kucing yang memiliki harga paling murah sehingga banyak dijadikan pilihan.

Untuk menemukan pasir zeolit, Anda tidak perlu bepergian terlalu jauh. Biasanya, setiap Pet Shop selalu menyediakan jenis pasir ini. Jadi, Anda bisa mendapatkannya di Pet Shop terdekat dari rumah Anda.

Terkait ukuran, sebagian besar Pet Shop menyediakan stok pasir zeolit No. 1 (tekstur pasir halus dan lembut), No. 2 (tekstur pasir agak kasar dengan butiran yang sedang), dan No.3 (tekstur pasir kasar dengan butiran pasir yang besar).

Jenis PasirHargaBerat
Pasir ZeolitRp40.000 – Rp60.00025 kg

+ Kelebihan

Terlepas dari harganya yang murah, pasir ini juga cukup mudah dalam pembersihannya. Anda hanya perlu mencuci pasir zeolit sampai bersih kemudian keringkan sampai benar-benar kering.

Kalau kondisi pasir masih memungkinkan untuk digunakan tanpa mencucinya, Anda harus tetap menjemurnya di bawah matahari agar aromanya tidak terlalu bau, jadi tidak mengganggu kucing maupun Anda pribadi.

Kekurangan

Kekurangan dari pasir ini adalah tidak mampu menyerap kotoran kucing, terutama air kencing. Jadi, air tersebut akan langsung turun ke dasar litter box dan bukan tidak mungkin akan menimbulkan bau tak sedap.

Alternatif agar tidak bau adalah dengan menyediakan beberapa litter box. Jadi, setiap harinya Anda harus mengganti tempat untuk buang air. Maksudnya, litter box A digunakan, sedangkan litter box B dijemur, begitu seterusnya.

Pasir Kucing Bentonit

pasir kucing zeolit

Tidak jauh berbeda dengan pasir zeolit, pasir bentonit juga termasuk jenis pasir kucing yang banyak digunakan. Saya pribadi juga pernah menggunakan jenis pasir ini untuk kucing yang saya pelihara.

Pasir jenis gumpal ini tersedia dalam 2 varian yaitu pasir bentonit wangi dan pasir bentonit non wangi. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan tipe kucing apakah suka bau wangi ataukah tidak.

Kalau kucing Anda suka wangi-wangian, Anda bisa memilih pasir bentonit wangi. Namun, kalau kucing Anda tidak suka wangi dan sering bersin ketika mengendus bau wangi-wangian, maka lebih baik pilih pasir bentonit non wangi saja.

Jenis PasirHargaBerat
Pasir Bentonit WangiRp200.00025 kg
Pasir Bentonit Non WangiRp150.00025 kg

+ Kelebihan

Berbeda dengan pasir zeolit yang tidak bisa menyerap kotoran kucing, pasir bentonit akan menyerap cairan kucing dan akan menggumpal. Dengan begitu, cairan tersebut tidak akan sampai dasar sehingga meminimalisir kotornya litter box.

Bukan hanya itu, bau dari kotoran kucing juga tidak terlalu menyengat. Terlebih jika Anda menggunakan varian pasir bentonit yang wangi, maka bau kotoran kucing akan tertutupi aroma wewangian pasir.

Kekurangan

Berbanding terbalik dengan pasir zeolit yang memiliki harga murah, pasir bentonit ini hadir dengan harga yang lebih mahal. Sesuatu hal yang wajar memang karena memiliki kelebihan khusus.

Selain itu, pasir bentonit juga akan lebih boros ketika digunakan karena tidak bisa didaur ulang. Lebih lagi ketika kucing Anda sedang mencret, itu akan jauh lebih boros lagi dibandingkan dengan kondisi pada umumnya.

Pasir Kucing Kristal

pasir untuk kucing

Cukup jauh berbeda dengan kedua jenis pasir kucing sebelumnya, pasir kucing kristal memiliki berbagai hal yang lebih keren. Tidak sebatas keren dari segi tampilan saja, kegunaannya juga terbilang sangat efisien.

Pasir ini mampu menyerap hingga 40x beratnya sendiri. Dengan begitu, bau kotoran kucing yang menyengat akan tertutupi ataupun terserap oleh pasir kristal ini sehingga tidak mengganggu orang di sekitarnya.

Pasir kristal menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki kesibukan berlebih. Sebab, Anda tidak perlu terburu-buru dalam melakukan pembersihan, karena kotoran kucing tidak akan mengganggu.

Jenis PasirHargaBerat
Pasir KristalRp80.000 – Rp90.0005 L

+ Kelebihan

Dari segi kenyamanan, pasir kristal tidak perlu diragukan. Selain memiliki daya serap hingga 40x beratnya sendiri, pasir ini juga bebas debu sehingga tidak mudah mengotori litter box dan Anda juga tidak kesulitan ketika membersihkannya.

Lebih dari itu, pasir kristal juga sangat irit saat digunakan. Menurut situs Kucing Pedia, Anda hanya perlu membeli pasir kristal sekali dalam sebulan, jadi akan menghemat waktu Anda juga.

Kekurangan

Sudah bisa ditebak, pasir kucing kristal hampir tidak memiliki kekurangan kecuali harganya yang mahal. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan pasir ini, pastikan Anda tidak dipusingkan dengan harganya.

Namun, sebenarnya mahal atau murahnya harga itu sangat relatif. Ketika Anda ingin mendapatkan pasir kucing dengan kualitas super, merupakan sebuah kewajaran ketika harus mengeluarkan lebih banyak uang. 😀

Pasir Kucing Biodegradable

pasir kucing

Biogradable sendiri merupakan istilah untuk bahan organik yang mampu diuraikan. Menilik dari istilah tersebut, pasir biodegradable bisa diartikan sebagai pasir yang terbuat dari bahan organik yang bisa diuraikan.

Memang benar adanya, jenis pasir kucing yang satu ini memang terbuat dari bahan alami seperti jagung, gandum, dan semacamnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu heran dengan bentuknya yang seperti pelet, karena ya memang seperti itu.

Jenis PasirHargaBerat
Pasir BiodegradableRp45.000 – Rp55.00010 L

+ Kelebihan

Karena terbuat dari bahan alami, pasir biodegradable tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kucing. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan dampak kesehatan dari jenis pasir ini.

Kekurangan

Sepertinya, kekurangan utama dari jenis pasir ini adalah cenderung mudah hancur. Jadi, ketika si kucing mengubur kotorannya, bisa saja pasir ini akan hancur sedikit demi sedikit sehingga akan mengotori sekitaran litter box.

Nah, itulah artikel mengenai jenis pasir kucing beserta harganya. Dengan artikel ini, semoga Anda tidak kebingungan lagi ketika hendak memilih pasir untuk kucing kesayangan Anda.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar