Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Pada umumnya, masa kehamilan kucing adalah 58 – 67 hari atau terbilang satu setengah sampai dua bulan. Pada masa tersebut, perut kucing akan semakin membesar dan menunjukkan ciri-ciri mau melahirkan.

Bagi Anda yang memang sengaja mengawinkan kucing, tentu sangat menanti hadirnya kitten hasil perkawinan tersebut. Bukan tidak mungkin, Anda juga akan mencari tahu tanda-tanda melahirkan sang betina.

Nah, untuk Anda pemilik kucing yang sedang hamil, mengetahui ciri-ciri kucing yang mau melahirkan adalah suatu keharusan. Untuk itu, siahkan baca artikel ini sampai selesai, semoga bisa memberikan gambaran.

Nafsu Makan Berkurang

ciri ciri kucing ingin melahirkan

Tidak jauh berbeda dengan kucing birahi, kucing yang mau melahirkan juga akan kehilangan nafsu makannya. Namun, itu bukan berarti Anda tidak perlu memberikan makanan. Anda tetap harus memberikan makanan seperti biasanya.

Kalau perlu, Anda bisa memberikan makanan bergizi ataupun vitamin kucing hamil agar kesehatan tubuh betina tetap terjaga. Dengan begitu, kitten yang nantinya lahir bisa dipastikan lebih sehat dan lahir dalam kondisi normal.

Lebih Sering Tidur

ciri ciri kucing mau lahiran

Tidak perlu khawatir kalau kucing Anda yang sedang hamil tua lebih banyak tidur daripada biasanya. Hal ini adalah kondisi yang sangat wajar dan menjadi ciri-ciri kucing sudah mau melahirkan.

Oh ya, kalau kucing sedang tertidur pulas, jangan sekali-kali mengganggunya, biarkan saja. Kucing tersebut tidur bukan tanpa alasan, ada kemungkinan ia sedang mempersiapkan fisik dan staminanya untuk masa kelahiran nanti.

Mengeong Terus-menerus

ciri ciri kucing yang mau melahirkan

Meongan adalah suara khas yang selalu terdengar dari mulut kucing. Terlebih ketika kucing mau melahirkan, Anda akan mendengar meongan tersebut lebih sering daripada biasanya.

Sama seperti kucing saya baru-baru ini, ia mengeong dengan suara agak membesar layaknya hendak berkelahi. Ketika saya datangi, ternyata kucing tersebut benar sedang melahirkan.

Sering Menjilati Tubuh

ciri ciri kucing akan melahirkan

Menjilati tubuh adalah kondisi normal yang terjadi pada kucing betina maupun jantan. Namun, kucing betina yang mau melahirkan cenderung lebih sering menjilati tubuhnya dalam waktu yang relatif lama.

Bukan sekadar membersihkan tubuhnya agar tidak kotor, menjilati tubuh juga dimaksudkan untuk merangsang hormon yang nantinya akan mempermudah proses melahirkan.

Gerakan Tidak Lincah

ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika kucing yang sedang hamil tua tidak lagi lincah. Dengan ukuran perutnya yang besar, sudah barang tentu akan mempersulit pergerakan tubuhnya.

Jadi, ketika kucing Anda sedang hamil tua dan pergerakannya sudah tidak lagi lincah, jangan ajak ia bermain mainan yang terlalu lelah. Biarkan ia beraktivitas seperlunya saja agar tidak terlalu lelah ketika melahirkan nantinya.

Air Ketuban Pecah

Air ketuban adalah cairan pelindung untuk kitten ketika berada dalam rahim induknya. Selain memungkinkan kitten bergerak bebas sebelum dilahirkan, air ketuban juga memiliki fungsi untuk menunjang perkembangan organ kitten.

Ketika mendekati masa kelahiran, air ketuban induk kucing akan pecah. Dalam kondisi ini, sebaiknya Anda segera mempersiapkan segala sesuatunya seperti misalnya mempersiapkan tempat yang nyaman untuk melahirkan.

Mengeluarkan Cairan Khas

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Ketika air ketuban sudah pecah, biasanya akan keluar cairan khas kucing yang hendak melahirkan. Jangan anggap itu air kencing ya, tapi itulah air ketuban.

Sepengalaman saya merawat kucing yang mau melahirkan, dalam sehari, kucing bisa berkali-kali mengeluarkan cairan khas ini. Kalau dibiarkan berkeliaran, biasanya kucing cukup sembarangan, bahkan sering di lantai juga. 😀

Mencari Tempat Aman

ciri ciri kucing persia mau melahirkan

Mencari tempat aman adalah hal yang selalu dilakukan kucing yang mau melahirkan. Bukan tanpa alasan, kucing betina berusaha menjauh dari serangan mangsa ataupun pengganggu yang mengancam anaknya.

Oh ya, ketika kucing betina sudah mau melahirkan, Anda harus menjauhkan sang jantan darinya. Biasanya, kucing jantan tidak akan segan memakan anaknya sendiri, terlebih jika anak kucing lahir dengan jenis kelamin jantan juga.

Nah, jika Anda sudah melihat tanda-tanda di atas, maka kemungkinan besar kucing Anda sudah mau melahirkan. Untuk itu, silahkan lakukan persiapan yang dibutuhkan seperlunya agar kucing bisa melahirkan dengan nyaman.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar