Ciri-ciri Kucing Birahi

Ketika menginjak usia dewasa, kisaran angka 6-10 bulan untuk betina dan 10-12 bulan untuk jantan, kucing akan mengalami fase dimana kucing sudah siap secara fisik dan mental untuk kawin, atau yang sering disebut dengan birahi.

Masa-masa birahi akan terjadi pada kucing dalam jangka waktu sebulan sekali. Namun, ada juga kucing yang memiliki masa birahi 2 sampai 3 bulan sekali. Perlu diketahui, kucing memiliki waktu 3-7 hari (tidak baku) saat birahi.

Salah satu ciri kucing birahi adalah perilaku yang terbilang aneh atau tidak seperti biasanya. Dalam kondisi ini, Anda tidak perlu panik. Anda hanya perlu mengetahui ciri-ciri kucing yang sedang birahi agar tahu langkah yang harus diambil.

Lebih Sering Mengeong

ciri ciri kucing betina birahi

Tidak perlu khawatir ketika kucing Anda mengeong lebih sering, tidak seperti biasanya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena sering mengeong adalah salah satu ciri kucing sedang birahi, baik jantan maupun betina.

Meongan kucing birahi sering dilakukan tanpa sebab yang jelas. Bahkan, dalam lingkungan yang aman tanpa ancaman sekalipun, kucing tetap akan mengeong. Oleh karena itu, mengeong dianggap sebagai ciri kucing birahi paling umum.

Tingkah Lebih Manja

ciri ciri kucing mau kawin

Meskipun pada umumnya memang manja, kucing akan terlihat lebih manja ketika birahi. Terkhusus untuk kucing betina, ia cenderung lebih sering berada di sekitar Anda dan selalu mengikuti kemanapun Anda pergi.

Tujuannya sudah bisa ditebak yaitu untuk mencari perhatian. Kalau sudah begitu, mungkin Anda sudah perlu melakukan tindakan selanjutnya yaitu mengawinkan kucing, silahkan baca cara mengawinkan kucing.

Kucing Lebih Agresif

ciri ciri kucing jantan birahi

Biasanya, kucing akan agresif ketika di sekelilingnya terdapat ancaman. Namun, hal tersebut kurang begitu berlaku untuk kucing birahi. Pasalnya, ia akan selalu agresif, termasuk di lingkungan yang aman sekalipun.

Lebih-lebih ketika jantan melihat betina ataupun sebaliknya, sifat agresif ini seketika muncul. Meskipun terkesan melakukan penyerangan, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena boleh jadi itu adalah salah satu cara menarik perhatian.

Nafsu Makan Berkurang

ciri ciri kucing ingin kawin

Nafsu makan kucing yang sedang birahi memang sering berkurang. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan salah satu rujukan. Anda juga harus melihat ciri-ciri lainnya karena ditakutkan kucing tidak sedang birahi, namun malah sakit.

Untuk itu, ketika Anda melihat nafsu kucing menurun tanpa adanya ciri-ciri birahi lainnya, Anda patut membawanya ke dokter hewan. Hal ini merupakan antisipasi awal agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Ekornya Melengkung

ciri ciri kucing birahi jantan

Ekor merupakan salah satu anatomi yang memberikan isyarat pada keadaan atau emosional kucing. Contohnya pada kucing birahi, ia akan lebih sering melengkungkan ekornya, terlebih ketika dipegang bagian tubuhnya.

Oh ya, tanpa dipegang bagian tubuhnya pun, ekornya tetap sering melengkung. Ini dikarenakan reflek yang terjadi akibat ulahnya sendiri yang terkesan menyentuhnya. Hal ini berlaku pada kucing jantan maupun betina.

Sering Berguling di Lantai

ciri ciri kucing betina birahi berat

Mengguling di lantai termasuk sifat manja yang menjadi ciri kucing birahi pada nomor 2. Hal ini lebih sering terjadi pada kucing betina. Walaupun kucing jantan (mungkin) ada, namun saya pribadi jarang melihatnya.

Terkait hal ini, kucing juga sering mendekati dinding ataupun benda yang ada di sekitarnya untuk kemudian menggesekkan tubuhnya ke benda tersebut. Anda melihat tersebut? Mungkin kucing Anda memang sedang birahi.

ciri ciri kucing pengen kawin

Pada kucing betina yang benar-benar birahi, Anda akan melihat ia menungging ketika dipegang bagian tubuhnya. Lebih lagi ketika Anda pegang sekitar punggungnya, ia akan menungging seolah sudah ingin kawin.

Tidak hanya menungging, kucing betina juga akan mengeluarkan suara meongan yang halus. Suara tersebut keluar berbarengan dengan posisi kucing saat menungging.

Bulunya Terlihat Bersinar

ciri ciri kucing jantan mau kawin

Lagi-lagi ciri birahi untuk kucing betina, Anda akan melihat bulu yang nampak bersinar. Hal ini tentu bukan kondisi seperti biasanya, karena pada masa birahi saja bulu kucing terlihat bersinar.

Sering Keluar Rumah

ciri ciri kucing birahi betina

Seperti yang kita tahu, kucing termasuk hewan yang gemar keluar rumah, khususnya untuk kucing jantan. Pada masa birahi, kucing jantan lebih sering keluar rumah. Bahkan, tak jarang ada kucing yang menghilang untuk sementara.

Kondisi semacam ini terjadi karena di lingkungan sekitar tidak ada kucing betina. Jadi, kucing jantan memilih keluar rumah sembari mengeong dengan keras untuk mencari lawan jenisnya.

Spraying di Tempat Tertentu

ciri ciri kucing betina birahi pertama

Saat keluar rumah, kucing jantan bukan sekadar mencari lawan jenisnya saja. Lebih dari itu, ia akan menyemprotkan cairan untuk memberi tanda kekuasaan sekaligus menarik perhatian sang betina.

Sayangnya, spraying dilakukan dengan sembarangan sehingga akan mengganggu. Hal ini berlaku untuk Anda pemilik kucing rumahan yang memang jarang keluar. Jadi, Anda juga harus siap mengecek dan membersihkan cairan tersebut.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kucing birahi yang bisa dijadikan acuan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar