Cara Merawat Anak Kucing

Tidak seperti merawat kucing dewasa, anak kucing pasti membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Belum lagi kalau indukannya tidak ada, Anda juga harus mempersiapkan keperluan tambahan untuk perawatan.

Sebagai pecinta kucing, kita sering dibuat iba ketika melihat anak kucing tanpa indukan, entah itu karena induknya mati setelah melahirkan ataupun memang sengaja dibuang oleh pemiliknya.

Ketika kondisinya memang begitu, mengetahui cara merawat anak kucing adalah sebuah keharusan. Untuk itu, mari bersama-sama simak penjelasan lengkap mengenai perawatan anak kucing berikut.

Siapkan Tempat yang Nyaman

cara merawat bayi kucing

Tempat yang nyaman adalah hal pertama yang harus Anda pikirkan. Karena sudah tidak memiliki induk, Anda harus membuat tempat sebagai pengganti induknya karena induk kucing selalu mengupayakan anaknya tetap hangat.

Anda bisa membuatkannya tempat berbentuk kotak dengan handuk sebagai alasnya. Untuk tata letak, Anda bisa menempatkannya di sudut ruangan dengan suhu udara yang stabil, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Sediakan Wadah Makan & Minum

cara merawat anakan kucing

Wadah makan dan minum anak kucing dan kucing dewasa sudah pasti berbeda. Anda tidak bisa menggunakan wadah kucing dewasa untuk anak kucing, karena anak kucing belum bisa mandiri untuk makan dan minum.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan botol khusus (dot kucing) sebagai wadah tersebut. Untuk mencarinya, silahkan beli di Pet Shop terdekat atau bisa juga melalui toko online terpercaya.

Berikan Susu Pengganti ASI

cara merawat anak kucing kampung

Sudah barang tentu anak kucing akan membutuhkan asupan berupa susu. Ketika masih ada indukan, mungkin kebutuhan tersebut tidak perlu Anda support. Namun, ketika sudah tidak ada induk, maka Anda harus mencari penggantinya.

Opsi pertama, Anda bisa mencarikannya kucing betina yang sedang menyusui. Namun, Anda juga harus berhati-hati, jangan sampai kucing betina memakan anak kucing tersebut karena bukan anak kandungnya.

Opsi kedua, Anda bisa membelikan susu khusus untuk anak kucing. Rekomendasi terbaik untuk susu kucing yang baru lahir adalah Royal Canin Babycat Milk, Growssy Cat Milk, atau bisa juga merk lainnya.

Berikan Makanan Bergizi

cara merawat anak kucing baru lahir

Selain susu pengganti ASI, Anda juga boleh memberikan makanan bergizi untuk anak kucing. Pemberiannya juga sama dengan susu, intinya berikan makanan yang halus agar anak kucing mudah ketika mencernanya.

Tanda anak kucing mulai lapar adalah mengeong layaknya sedang menangis. Dalam kondisi ini, silahkan berikan makanan dan minuman sampai ia kembali diam ataupun tertidur. Kalau anak kucing sudah kembali tidur, berarti ia sudah kenyang.

Anda harus rutin melakukan hal tersebut sampai kucing sudah bisa makan dan minum secara mandiri. Setelah bisa makan dan minum sendiri, Anda juga harus mempersiapkan wadah layaknya kucing dewasa.

Jaga Kebersihan Anak Kucing

cara merawat kucing kecil

Aktivitas yang sering dilakukan induk kucing setelah melahirkan adalah menjilati anaknya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, induk kucing menjilati anaknya untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Nah, untuk Anda yang sedang merawat anak kucing tanpa indukan, Anda harus menggantikan posisi induk kucing tersebut untuk membersihkan anaknya. Tidak sulit kok, asalkan mau sabar dan telaten saja.

Berdasarkan pengalaman saya, bagian yang paling sering dibersihkan adalah mata. Lebih-lebih kalau matanya belekan, Anda harus selalu membersihkannya. Kalau tidak, anak kucing akan kesulitan ketika membuka matanya.

Coba Siapkan Litter Box

cara merawat anak kucing tanpa induk

Ketika kucing sudah mulai berlarian kesana-kemari, siapkan juga litter box yang digunakan untuk buang air. Walaupun belum bisa buang air di tempat yang disediakan, Anda tetap harus mempersiapkannya.

Oh ya, untuk pasir dalam litter box tersebut, lebih baik gunakan pasir gumpal saja. Hal ini dimaksudkan agar kotoran kucing langsung menggumpal dalam pasir sehingga tidak mengotori bulu kucing kalau tidak sengaja menyenggolnya.

Mulai Latih Anak Kucing

cara merawat kucing baru lahir

Untuk awalan, silahkan latih anak kucing agar bergerak aktif. Anda bisa menggunakan mainan yang bisa dikejar seperti bola ataupun gantungan. Dengan latihan semacam itu, gerakan kucing pasti akan semakin lincah.

Tidak lupa juga untuk melatih anak kucing agar bisa makan dan minum dengan sendirinya. Namun, Anda tidak perlu terlalu memaksakan hal ini karena ketika sudah mulai dewasa, anak kucing pasti akan mandiri.

Menggunakan litter box yang sudah disiapkan sebelumnya, latih anak kucing agar bisa buang air di tempatnya. Hal ini sangat penting, karena kalau sudah terbiasa buang air sembarangan, ruangan Anda pasti akan sangat kotor.

Lakukan Vaksinasi Anak Kucing

cara merawat anak kucing induk mati
Vaksinasi Kucing via royalcanin.com

Memberikan vaksin adalah hal yang cukup penting untuk kesehatan anak kucing. Pada usia tertentu, kucing memang direkomendasikan untuk divaksin. Yang perlu diingat, vaksin kucing setiap usia biasanya berbeda.

Biasanya, dokter hewan akan memberikan informasi mengenai vaksin yang harus diberikan. Selain itu, Anda juga akan diberi jadwal untuk melakukan vaksin kucing. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter spesialis di dekat Anda.

Nah, itulah informasi mengenai cara merawat anak kucing tanpa induk. Dengan informasi ini, semoga Anda bisa berhasil dalam melakukan perawatan hingga anak kucing beranjak dewasa.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar