Cara Merawat Anak Kucing Persia

Meskipun secara alami dirawat oleh induknya, anak kucing Persia tetap harus mendapat perawatan khusus dari pemiliknya. Hal ini dimaksudkan agar anak kucing bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bersama, kucing Persia merupakan salah satu kucing yang sangat digemari banyak orang. Bagaimana tidak, bulunya yang tebal dan menyelimuti seluruh tubuh membuatnya semakin menggemaskan.

Bagi Anda yang saat ini memiliki anak kucing Persia, mengetahui cara perawatannya menjadi hal yang cukup penting. Untuk itu, silahkan simak penjelasan lengkap mengenai cara merawat anak kucing Persia berikut ini.

Berikan Tempat Tinggal yang Nyaman

Tempat tinggal yang nyaman boleh jadi akan memengaruhi pertumbuhan anak kucing Persia. Jadi, Anda tetap harus menyediakan tempat terbaik dan selalu memastikannya dalam kondisi nyaman dan aman.

Menyinggung sedikit tentang keamanan anak kucing Persia, Anda juga perlu menjauhkannya dari kucing lain yang dianggap sebagai mangsa. Hal ini termasuk kucing jantan yang kawin dengan induk kucing Persia tersebut.

Saat masih kecil, kucing Persia juga belum memiliki bulu yang lebat. Jadi, bantuan penghangatan tetap diperlukan agar kucing tidak kedinginan. Cara mudahnya, silahkan berikan kain hangat pada tempat tidurnya.

Selain itu, pastikan juga anak kucing Persia memiliki ruang gerak yang cukup. Ini akan membantu kucing bergerak lebih lincah, khususnya ketika sering Anda ajak bermain dengan mainan pancingan.

Lengkapi Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah mempersiapkan tempat tinggal yang nyaman, Anda juga perlu melengkapi peralatan yang dibutuhkan kitten Persia. Peralatan yang setidaknya ada pada tempat tersebut adalah litter box, mangkuk makan, serta mangkuk minum khusus.

Litter box bisa Anda isi dengan pasir khusus yang tersedia di Pet Shop terdekat. Saran saya, gunakan jenis pasir gumpal agar kotoran yang masuk ke litter box langsung menggumpal dengan pasir dan tidak mengotori kucing.

Oh ya, ketika litter box terlihat sudah penuh, jangan lupa untuk membersihkannya segera mungkin. Agar lebih teratur, Anda bisa mengatur jadwal untuk membersihkan kotoran kucing dalam litter box.

Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu cara untuk menjauhkan anak kucing Persia dari berbagai penyakit. Bukan hanya itu, lingkungan yang bersih juga lebih nyaman ketika dipandang sehingga tidak terkesan semrawut.

Anda juga harus membersihkan peralatan yang ada pada tempat kitten berada, seperti mangkuk makan, mangkuk minum, serta membersihkan serba-serbi kotoran yang singgah di lingkungan sekitar kucing.

Satu hal yang perlu diingat, kebersihan lingkungan ini tidak boleh dianggap sepele karena sangat berkaitan erat dengan kesehatan kucing. Jadi, menjadi hal yang wajib untuk senantiasa memastikan lingkungan dalam kondisi bersih.

Jaga Kebersihan Anak Kucing

Secara umum, induk kucing Persia akan selalu membersihkan anaknya dengan cara menjilat bagian tubuh. Hal ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk membersihkan anak kucing Persia.

Namun, Anda juga perlu membersihkan bagian-bagian tertentu yang sekiranya mudah kotor, seperti contoh area mata. Kotoran pada area mata harus selalu Anda bersihkan agar tidak mengendap dan menjadikan mata belekan.

Untuk membersihkan anak kucing Persia di bawah 3 bulan, Anda belum disarankan untuk memandikannya. Alternatifnya, cukup dilap saja pada bagian yang kotor menggunakan kain hangat.

Jaga Kesehatan Induk Kucing

Bukan hanya perhatian pada anak kucing saja, Anda juga harus memperhatikan induk kucing agar tetap sehat. Lakukan perawatan seperti biasanya, termasuk dalam pemberian pakan yang bagus.

Untuk menghindari stres pada induk kucing, Anda bisa mengajaknya bermain, bisa juga berbarengan dengan mengajak kitten bermain. Dengan begitu, kucing akan lebih terhibur dan bukan tidak mungkin akan terhindar dari stres.

Lakukan Vaksinasi Anak Kucing

Pemberian vaksin terbilang cukup penting untuk anak kucing Persia. Tanpa adanya daya tahan tubuh yang kuat, bisa saja kucing mudah terserang penyakit. Untuk itu, diperlukan vaksinasi salah satunya untuk melindungi berbagai serangan penyakit.

Untuk membentuk daya tahan tubuh kitten Persia dengan vaksin, Anda bisa memberikannya pada usia tertentu. Terkait hal ini, silahkan konsultasi langsung dengan dokter hewan spesialis di tempat Anda.

Berikan Vitamin untuk Anak Kucing

Selain vaksin, vitamin juga memiliki peran yang cukup penting untuk anak kucing Persia, khususnya untuk membantu pertumbuhan dan menjaga imunitas tubuh kucing agar tidak gampang sakit.

Rekomendasi vitamin yang baik untuk pertumbuhan anak kucing adalah vitamin A, B, D, E, dan K. Selain vitamin, Anda juga bisa memberikan nutrisi yang seimbang ataupun minyak ikan untuk meningkatkan nafsu makan.

Rawat dengan Penuh Kasih Sayang

Bagi pemilik kucing, melakukan perawatan memang harus dilandasi dengan dasar kasih sayang. Sebab, dengan dasar tersebut, kucing akan lebih terawat dan mendapatkan perlakuan terbaik.

Bukan sekadar memberikan fasilitas yang dibutuhkan saja, Anda harus saling mengenal dengan kucing tersebut. Anda bisa mengajaknya bermain ataupun memberikan sentuhan lembut agar kucing nyaman dengan Anda.

Pada intinya, Anda harus sabar dan telaten ketika merawat anak kucing Persia. Meskipun sering susah diatur ataupun masih buang air sembarangan, hal itu akan menjadi kenangan lucu ketika sudah dewasa. 😀

Nah, itulah rekomendasi cara merawat anak kucing Persia yang bisa Anda lakukan. Dengan artikel ini, semoga anak kucing Persia Anda segera tumbuh dan beranjak dewasa.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar