Cara Mengusir Kucing

Bagi sebagian orang, kucing dianggap sebagai hewan pengganggu. Tak jarang, orang tersebut berusaha mengusirnya dengan berbagai cara seperti menyiram air, memukul dengan keras, dan sebagainya.

Padahal, ada cara yang lebih halus untuk mengusir kucing. Jadi, perlakuan kasar tidak perlu diberikan kepada kucing, cukup lakukan cara yang sekiranya tidak menyakiti kucing saja, itu akan sangat baik.

Nah, untuk Anda yang memang tidak suka dengan kucing dan ingin mengusir kucing yang masuk rumah ataupun tinggal di plafon rumah, tenang saja. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tips mengusir kucing secara halus.

Bersihkan Sampah Makanan

cara mengusir kucing dari rumah

Khususnya untuk kucing kampung, sampah memang menjadi tempat yang dipilih untuk mencari makanan. Bahkan, ada juga kucing rumahan yang gemar mencari makanan di tumpukan sampah yang mengandung sisa makanan.

Untuk itu, ada baiknya untuk menempatkan sisa makanan pada tempat khusus. Jangan biarkan sisa makanan menumpuk di tempat yang terbuka, karena dari sampah makanan itulah si kucing merasa terundang.

Jangan Berikan Makanan

cara usir kucing

Masih berkaitan dengan poin #1, makanan tetap menjadi daya tarik utama bagi kucing. Biasanya, kucing akan menandai area dimana ia menemukan makanan ataupun tempat ia diberikan makanan.

Oleh karena itu, jika Anda tidak menginginkan kucing datang ke rumah Anda, lebih baik jangan memberikan ia makanan di dalam rumah. Kalau ingin memberikan makanan, bisa mengajaknya keluar jauh dari lingkungan rumah.

Bawa Kucing Keluar Rumah

cara mengusir kucing liar

Jika kucing baru pertama kali masuk ke rumah Anda, silahkan bawa kucing tersebut keluar rumah. Ini adalah salah satu cara paling halus untuk mengusir kucing karena kucing sama sekali tidak tersakiti.

Namun, apabila kucing masuk lagi setelah Anda bawa keluar, Anda bisa membawanya ke lingkungan yang agak jauh dari rumah Anda. Ini terbilang membantu kucing karena bisa saja ada orang baik yang ingin memelihara kucing tersebut.

Semprot Menggunakan Air

cara mengusir kucing buang air besar

Jika diamati, sebagian besar kucing (khususnya kucing kampung) memang takut dengan air. Jadi, Anda bisa mencoba menyemprotkan air pada kucing yang berkeliaran di lingkungan rumah Anda.

Ingat, semprot ya, bukan siram. Anda bisa menggunakan selang yang biasa dipakai untuk menyiram tanaman. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan semprotan air yang biasa digunakan untuk membersihkan perabotan.

Takuti dengan Sapu Lidi

mengusir kucing dengan kapur barus

Sapu lidi adalah alat yang sering digunakan untuk mengusir kucing, entah dengan memukulnya ataupun menakuti dengan suaranya. Alat ini memang cukup ampuh untuk membuat jera kucing agar tidak datang lagi.

Namun, rekomendasi terbaik adalah dengan mengayunkan sapu lidi ke tembok ataupun lantai agar mengeluarkan suara yang menakuti kucing. Dengan begitu, tidak perlu memukul kucing sehingga tidak menyakitinya.

Lempar dengan Kertas

cara mengusir kucing agar tidak berak sembarangan

Di desa, saya masih sering melihat orang melemparkan benda keras pada kucing. Memang ampuh sih, tapi cara tersebut akan menyakiti kucing jika benda yang dilempar terkena tubuhnya.

Jika memang ingin melemparnya, gunakan media yang tidak keras seperti kertas, koran, dan sebagainya. Media tersebut tidak akan menyakiti kucing meskipun mengenai tubuhnya, terbilang cukup aman.

Letakkan Botol Berisi Air

pengusir kucing
Cara Mengusir Kucing via jpninfo.com

Mengutip dari situs Kucing Pedia, meletakkan botol berisi air di sekitar rumah (biasa diterapkan di Jepang) cukup efektif untuk mengusir kucing. Hal tersebut dikarenakan kucing membenci air.

Di Indonesia, Anda bisa mencoba cara tersebut, siapa tahu memang benar-benar efektif. Silahkan siapkan botol bekas air mineral yang diisi air, lalu letakkan di area yang sering digunakan akses kucing.

Taburkan Bubuk Lada

Bagi yang sering olah-olah di dapur, pasti tahu ya kalau lada memiliki aroma yang sangat tajam. Hidung kucing sendiri juga memiliki penciuman yang kuat dan sensitif sehingga akan terganggu dengan aroma lada.

Cara ini terbilang sangat mudah dan efektif. Anda hanya perlu menaburkan lada di area yang sering dilewati kucing. Dengan begitu, kucing tidak akan berani mendekat karena aroma lada yang ditaburkan tadi.

Bersihkan Lingkungan Rumah

Biasanya, kucing akan menandai wilayahnya dengan buang air ataupun meninggalkan kotoran lainnya. Dengan begitu, kucing akan lebih hafal sehingga bisa dengan mudah kembali ke tempat tersebut.

Jadi, ketika Anda mendapati bau tidak sedap di sekitar rumah, silahkan dicek apakah itu kotoran kucing. Jika iya, bersihkan sampai benar-benar bersih. Kalau perlu, semprotkan pengharum untuk menyamarkan bau kotoran kucing.

Letakkan Tanaman Khusus

tanaman pengusir kucing

Ada beberapa jenis tanaman yang memiliki aroma khas dan tidak disukai kucing, salah satunya tanaman lavender. Anda bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengusir kucing secara halus.

Selain untuk mengusir kucing, tanaman lavender juga memiliki daya tarik sehingga akan membuat pekarangan terlihat indah. Lebih dari itu, nyamuk juga akan pergi karena tidak suka dengan aroma bunga ini.

Semprotkan Wewangian

Biasanya, wewangian yang disukai manusia tidak akan disukai kucing. Wewangian tersebut antara lain: aroma lemon, aroma menthol, dan sebagainya. Ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan yaitu aroma cabai. 😀

Untuk yang sering menyemprotkan pengharum ruangan dengan aroma lemon, menthol, dan semacamnya, Anda bisa menggunakan pengharum tersebut untuk menyemprot area yang sering menjadi akses kucing.

Putar Perangkat Suara

suara pengusir kucing

Di zaman yang semakin modern ini, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi berupa perangkat suara untuk mengusir kucing, khususnya untuk kucing yang berada di plafon rumah.

Agar kucing turun, silahkan putar suara kucing yang mengeong terus menggunakan perangkat Anda. Saat mendengar suara meongan tersebut, kemungkinan besar kucing akan segera menghampirinya.

Pasang Pagar Anti Kucing

Memasang pagar memiliki fungsi untuk menutup akses kucing sehingga tidak bisa masuk ke rumah Anda. Namun, jika sekadar pagar biasa, mungkin kucing masih bisa menyelinap melalui celah pagar.

Untuk itu, jika Anda memang benar-benar niat untuk mengantisipasi kucing masuk rumah, silahkan pilih pagar dengan celah yang kecil. Tidak sebatas itu, pastikan pagar memiliki ukuran yang tinggi agar kucing kesusahan ketika memanjat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengusir kucing. Pada intinya, silahkan usir kucing dengan cara halus. Meskipun agak sulit, namun Anda tidak akan membuat kucing terluka. 🙂

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar