Cara Mengawinkan Kucing

Mengawinkan kucing adalah suatu hal yang terbilang gampang-gampang susah. Ada orang yang bisa dengan cepat mengawinkan kucing mereka, namun ada juga yang sampe pusing karena kucingnya tidak mau kawin.

Sepengalaman saya, mengawinkan kucing memang tidak selalu berjalan dengan lancar. Terkadang, kucing betina sudah terlihat tertarik dengan jantan, namun sang jantan masih enggan, begitupun sebaliknya.

Nah, untuk Anda yang saat ini hendak mengawinkan kucing yang baru kenal, mungkin akan menemukan beberapa kesulitan sehingga proses pengawinan terasa sulit. Untuk itu, saya akan mencoba berbagi pengalaman pribadi.

Ketahui Masa Birahi Kucing

cara kawinkan kucing

Sebelum mengkawinkannya dengan kucing lain, Anda harus memastikan kucing tersebut dalam keadaan birahi. Sebab, dalam kondisi ini, kucing akan benar-benar siap mental maupun fisik sehingga cenderung mudah untuk dikawinkan.

Perlu diketahui juga, Anda tidak boleh mengawinkan kucing yang masih terlalu muda karena bisa menyebabkan stres, khususnya untuk kucing betina. Lebih dari itu, kondisi bayi ketika lahir bisa tidak sempurna.

Berikut adalah tabel informasi mengenai usia minimal kucing birahi yang sudah siap kawin:

Jenis kelaminUsia
Betina5 – 9 bulan
Jantan10 – 12 bulan

Untuk mengetahui kucing sedang birahi atau tidak, Anda bisa memperhatikan tingkah laku dari kucing tersebut. Tingkah laku kucing yang sedang birahi umumnya lebih aktif dibandingkan kucing yang tidak birahi.

Kucing betina yang birahi biasanya akan lebih manja daripada biasanya. Seperti kucing saya, saat birahi, dia lebih sering menggulingkan badannya di lantai dan terlihat sering nungging ketika dielus.

Sedangkan untuk kucing jantan, sifat manja sangat jarang ditemui ketika birahi (meskipun ada). Kucing jantan yang birahi biasanya akan lebih sering mengeong daripada kondisi umum.

Untuk informasi lengkap mengenai kucing birahi, silahkan baca ciri-ciri kucing yang sedang birahi. Ini akan membantu Anda untuk mengatur jadwal perkawinan kucing.

Perhatikan Kesehatan Kucing

cara ngawinin kucing

Tidak sebatas memastikan kucing dalam keadaan birahi, Anda juga harus memperhatikan kesehatan kucing yang hendak dikawinkan. Hal ini menjadi faktor yang cukup penting karena bisa memengaruhi hasil dari perkawinan tersebut.

Untuk membuat kucing tetap sehat, Anda harus mencukupi nutrisi serta gizinya melalui makanan ataupun vitamin. Berikan makanan yang benar-benar cocok dan jangan biarkan kucing Anda makan makanan sembarangan.

Mengajak kucing bermain juga bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya stres. Dengan begitu, kucing Anda akan lebih ceria dan bukan tidak mungkin akan menjaga imunitas sehingga tubuh tetap sehat.

Perkenalkan Kedua Kucing

mengawinkan kucing

Ketika pertama kali dipertemukan, kucing jantan dan betina tidak (bisa) langsung akrab. Bahkan, terkadang perkelahian terjadi antara kedua kucing tersebut karena memang benar-benar belum saling kenal.

Terkecuali kalau salah satu dari kucing tersebut sudah pernah dikawinkan, biasanya cenderung lebih tenang daripada kucing yang baru pertama kawin. Berdasarkan pengalaman, dalam kondisi ini Anda akan lebih mudah melakukan pengawinan.

Untuk kucing yang baru pertama kali bertemu, Anda disarankan untuk memisah tempatnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya perkelahian jantan dan betina.

Untuk permulaan, Anda bisa mengandangkan salah satu kucing dan membiarkan kucing satunya tetap di luar. Dengan begitu, kucing bisa lebih saling mengenal satu sama lain tanpa terjadi perkelahian.

Tempatkan di Ruangan Khusus

cara mengawinkan kucing yang belum pernah kawin

Setelah Anda melihat kedua kucing mulai akrab, Anda bisa menempatkannya pada ruangan khusus. Kalau saya pribadi menggunakan kamar yang kebetulan sedang tidak dipakai (boleh ruangan apa saja, asal tetap terjaga kondisinya).

Dalam tahap ini, Anda akan melihat kucing yang masih malu-malu. Keduanya masih saling jauh-jauhan karena (mungkin) masih belum terlalu kenal jadi dibutuhkan waktu lebih untuk melakukan pendekatan.

Oh ya, selain membiarkannya, saya juga mencoba untuk mendekatkan kedua kucing tersebut secara manual dengan maksud agar lebih cepat prosesnya. Kalau ingin proses secara alami, Anda bisa membiarkannya saja.

Beri Makanan Bergizi

cara mengawinkan kucing yang baru kenal

Tidak lupa pula, selama proses pengawinan kucing, Anda juga harus menjaga pola makan kucing tersebut. Usahakan untuk memberi makanan yang bergizi akar kondisi kucing tetap sehat.

Sama seperti biasanya, Anda bisa menaruh mangkuk makan, mangkuk minum, dan litter box di ruangan yang digunakan. Agar kondisi ruangan tetap bersih, Anda juga harus membersihkan alat-alat tersebut dengan mencucinya.

Saran saya, berikan makanan secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Soalnya, sebagian besar kucing enggan memakan makanan sisa yang sudah dibiarkan beberapa saat. Kan sayang juga, jadi lebih baik beri sesuai porsi biasanya saja.

Amati Pendekatan Kucing

cara mengawinkan kucing persia

Jujur saja, selama proses mengawinkan kucing, saya sangat sering memantau pendekatan kucing tersebut. Hal ini saya lakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana kedua kucing saling mengenal.

Berdasarkan pengalaman pribadi, kucing benar-benar kenal antara 3-7 hari (tidak baku). Dalam waktu tersebut, biasanya kucing sudah saling tertarik dan Anda hanya perlu menunggu proses perkawinan.

Tunggu Proses Perkawinan

pengalaman mengawinkan kucing

Seperti yang saya katakan sebelumnya, biasanya kucing akan saling kenal dan melakukan perkawinan di hari ke 3-7. Dalam tahap ini, Anda tidak perlu melakukan apapun selain membiarkan keduanya melakukan perkawinan secara alami.

Jika Anda memperhatikan, kucing akan melakukan perkawinan lebih dari sekali dalam satu harinya. Perhitungan ini dilakukan ketika kucing jantan mulai menaiki badan betina dibarengi dengan menggigit tengkuknya agar betina tidak kabur.

Perlu diketahui juga, kucing akan terus kawin selama masih agresif. Jika proses perkawinan sudah selesai, kedua kucing tidak akan agresif lagi. Sebagai patokannya, Anda tidak akan melihat kucing jantan mengejar kucing betina lagi.

Dalam beberapa minggu sampai bulan pasca perkawinan, berat badan kucing akan mengalami kenaikan dan perut kucing terlihat semakin membesar. Sudah deh, Anda tinggal menunggu kucing melahirkan. 😀

Itulah beberapa cara mengawinkan kucing berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jika ada yang punya tambahan ataupun pengalaman yang berbeda, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar