Cara Melatih Kucing Buang Air

Saya yakin, sebagian besar pemilik kucing pernah mendapati kucingnya buang air sembarangan. Tidak cukup di sudut ruangan saja, tak jarang kucing tersebut buang air di kolong tempat tidur, sofa, ataupun tempat lain yang susah dijangkau.

Melihat hal tersebut, terkadang Anda akan jengkel-jengkel gemas karena harus membersihkan kotoran sambil menikmati aroma khas yang cukup sedap. Bukankah begitu Onty, Ongkel? 😀

Untuk itu, agaknya Anda harus melatih kucing tersebut agar terbiasa buang air pada tempatnya. Kalau kucing Anda masih sering buang air sembarangan (khususnya kitten), silahkan coba praktikkan cara-cara berikut ini.

Sediakan Litter Box Besar

cara mengajari kucing pup

Seperti yang kita ketahui, ukuran litter box itu bermacam-macam, ada yang kecil, sedang, ataupun besar. Saran saya, silahkan pilih litter box yang besar sekalian agar tidak perlu beli lagi ketika kitten sudah beranjak dewasa.

Selain itu, Anda juga boleh memberikan litter box semi tertutup atau bisa juga litter box tertutup. Hal ini dimaksudkan agar pasir yang ada dalam litter box tidak tercecer keluar saat kucing mengubur kotorannya.

Oh ya, selain litter box, Anda juga memerlukan alat tambahan berupa serokan pup kucing. Alat ini bisa Anda beli bersamaan dengan litter box, karena biasanya dijual dalam satu tempat.

Pilih Pasir Sesuai Kebutuhan

Di Pet Shop, tersedia berbagai macam jenis pasir yang bisa Anda gunakan. Namun, Anda harus memilih pasir dengan tepat agar kucing lebih nyaman ketika menggunakannya untuk buang air.

Saat pertama melatih kucing buang air, mungkin Anda belum mengetahui jenis pasir apa yang cocok. Untuk itu, terkadang Anda harus melakukan penggantian ketika kucing Anda tidak suka dengan pasir tersebut.

Untuk awalan, Anda bisa mencoba pasir tak berbau sebagai pilihan. Lebih dari itu, Anda juga harus memastikan pasir tersebut mudah diserok agar tidak kesulitan ketika melakukan pembersihan.

Kalau kucing sudah mau pup di pasir yang Anda pilih, sebaiknya tetap gunakan jenis pasir tersebut. Jika ingin mencoba menggantinya dengan pasir aromatic, kemungkinan besar tetap harus dilatih ulang agar terbiasa dengan aroma pasir baru.

Tempatkan di Posisi Terbaik

cara mengajari kucing pup di pasir

Posisi terbaik untuk meletakkan litter box adalah di sudut ruangan tempat kucing berada. Hal ini selalu saya lakukan ketika memiliki kitten yang benar-benar belum bisa buang air pada tempatnya.

Namun, hal di atas tidak bisa dijadikan patokan khusus karena boleh jadi kucing Anda tidak cocok dengan posisi tersebut. Pada intinya, Anda hanya perlu meletakkan litter box di tempat kucing sering buang air.

Letakkan Kucing di Litter Box

melatih kucing buang air besar di toilet

Saat pertama melihat litter box, mungkin kucing masih bingung dan belum paham akan kegunaannya. Terlebih pada pasir yang baru ia temui, Anda harus membantunya agar kucing mampu mengenali aroma pasir dalam litter box.

Nah, ketika Anda melihat kucing sedang jongkok seolah mau buang air, segera pindahkan ia ke dalam litter box. Hal ini cukup membantu kucing agar terbiasa buang air di tempatnya.

Selain itu, ada waktu-waktu khusus dimana kucing sering buang air seperti misal setelah bangun tidur ataupun setelah makan. Pada waktu itu, Anda juga bisa meletakkannya di litter box meskipun tidak benar-benar buang air.

Kurung Kucing (Opsional)

melatih kucing pup

Jika saat ini Anda membiarkan kucing berkeliaran di dalam rumah, mungkin cukup sulit ya ketika melatihnya buang air. Solusinya, Anda bisa mengurung kucing tersebut dalam ruangan khusus.

Jadi, dalam ruangan tersebut hanya berisi kucing dan perlengkapannya saja seperti mangkuk makan, mangkuk minum, dan litter box tentunya. Hal ini cukup efektif untuk melatih kucing buang air.

Agar tetap aktif dan bergerak lincah, Anda bisa memberinya mainan. Dengan begitu, kucing bisa tetap senang sehingga meminimalisir terjadinya stres karena berada di tempat baru dan tidak seperti biasanya.

Jauhkan Media Pasir Lainnya

cara melatih kucing pup

Ketika kucing Anda belum terbiasa buang air di tempatnya, ada baiknya untuk menjauhkannya dari media pasir lain selain yang ada di litter box. Ketika ada media pasir di dekatnya, bukan tidak mungkin akan digunakan untuk buang air.

Jika Anda tetap ingin media tersebut berada di dekat kucing, setidaknya Anda harus menutupinya agar kucing tidak mengetahui keberadaan pasir tersebut. Dengan begitu, ia akan memilih litter box untuk buang air.

Bersihkan Kotoran Kucing

cara melatih kucing pup di pasir

Membersihkan kotoran adalah aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh pemilik kucing. Dengan membersihkan kotoran kucing, space litter box akan lebih longgar dan terlihat lebih bersih.

Agar lebih teratur dalam membersihkan kotoran kucing, Anda bisa membuat jadwal khusus, minimal sehari sekali. Kalau saya pribadi lebih memilih waktu pagi hari untuk membersihkan kotoran kucing.

Untuk litter box kucing yang masih tahap latihan buang air, Anda bisa menyisakan sedikit kotorannya. Bukan tanpa alasan, hal ini dimaksudkan agar kucing mengenali tempat tersebut sebagai tempatnya untuk buang air.

Pembersihan lanjutan juga bisa Anda lakukan sekali dalam seminggunya. Pembersihan ini meliputi pasir dan litter boxnya. Jadi, Anda harus memastikan kedua media tersebut dalam keadaan bersih.

Untuk membersihkan litter box, Anda bisa mencucinya sampai bersih kemudian keringkan sampai benar-benar kering. Sedangkan untuk pasirnya, Anda bisa menggantinya dengan pasir bersih yang sejenis dengan pasir sebelumnya.

Latih Kucing dengan Sabar

cara mengajarkan kucing pup di pasir

Melatih kucing untuk buang air memang terbilang gampang-gampang susah. Meski sudah mau buang air di litter box, tak jarang kucing masih buang air sembarangan. Jadi, Anda harus benar-benar sabar dalam melatihnya.

Kalau perlu, berikan kasih sayang yang lebih agar si kucing semakin nyaman berada di tempat tersebut. Pokoknya, berikan yang terbaik lah untuk si kucing. Dengan hal itu, bisa saja kucing jadi lebih mudah diarahkan.

Itulah beberapa cara melatih kucing buang air, baik itu buang air kecil maupun buang air besar. Semoga kucing Anda segera terbiasa buang air pada tempatnya agar Anda tidak capek harus membersihkannya di berbagai tempat. 😀

Fitri

Sebatas hooman yang suka pelihara kucing sejak Sekolah Dasar.

Tinggalkan komentar